PERKEMBANGAN PESETA DIDIK

 NAMA     : DWI NOVIA ROSNA

 NIM         : AC320026

KELAS     :  REGULER A 

 

Perkembangan dimaknai sebagai suatu proses perubahan dalam diri individu atau organisme, secara fisik maupun psikis, menuju tingkat kedewasaan atau kematangan. Perkembangan itu berlangsung secara sistematis, progresif, dan berkesinambungan. Secara psikis perkembangan mengarah kepada pembentukan kepribadian, yang sangat menentukan seseorang dalam bersosialisasi.

Di dunia pendidikan proses sosialisasi terdiri dari beberapa tahap, salah satunya adalah tahap tugas perkembangan. Tugas perkembangan merupakan suatu tugas yang muncul pada periode tertentu dalam suatu rentang kehidupan individu, yang apabila tugas itu dapat berhasil dituntaskan akan membawa kebahagiaan dan kesuksesan dalam menuntaskan tugas berikutnya. Apabila gagal, maka akan menyebabkan ketidakbahagiaan pada diri individu yang bersangkutan, menimbulkan penolakan masyarakat, dan kesulitan-kesulitan dalam menuntaskan tugas-tugas berikutnya. Oleh karena itu, kemampuan menilai dan memahami lebih jauh tentang perkembangan peserta didik, menjadi syarat penting dalam suatu proses pengajaran.

Pengertian siswa atau peserta didik menurut ketentuan umum undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu. Dengan demikian peserta didik adalah orang yang mempunyai pilihan untuk menempuh ilmu sesuai dengan cita-cita dan harapan masa depan.Oemar Hamalik mendefinisikan peserta didik sebagai suatu komponen masukan dalam sistem pendidikan, yang selanjutnya diproses dalam proses pendidikan, sehingga menjadi manusia yang berkualitas sesuai dengan tujuan pendidikanNasional. Menurut Abu Ahmadipeserta didik adalah sosok manusia sebagai individu/pribadi (manusia seutuhnya). Individu di artikan "orang seorang tidak tergantung dari orang lain, dalam arti benar-benar seorang pribadi yang menentukan diri sendiri dan tidak dipaksa dari luar, mempunyai sifat-sifat dan keinginan sendiri". Sedangkan Hasbullah berpendapat bahwa siswa sebagai peserta didik merupakan salah satu input yang ikut menentukan keberhasilan.

 

Ada beberapa macam proses perkembangan peserta didik, diantaranya :

Perkembangan Sosial

Bentuk-bentuk tingkah laku sosial :

1. Pembangkangan (Negativisme)

2. Agresi (Agression)

3. Berselisih (Bertengkar)

4. Menggoda (Teasing)

5. Persaingan (Rivaly)

6. Kerja sama (Cooperation)

7. Tingkah laku berkuasa (Ascendant Behavior)

8. Mementingkan diri sendiri (Selffishness)

9. Simpati (Sympaty)


Karakteristik perkembangan sosial remaja :

1. Kesadaran akan kesunyian dan dorongan akan pergaulan

2. Adanya upaya memilih nilai-nilai sosial

3. Meningkatnya kesadaran akan lawan jenis

4. Mulai cenderung memilih karier tertentu.

 

Upaya yang dapat dilakukan melalui pendidikan untuk membantu perkembangan hubungan sosial remaja :

1. Mengembangkan proses pendidikan yang bersifat demokratis

2. Membina para peserta didik menjadi manusia dewasa yang bertanggung jawab.

3. Penciptaan kelompok sosial remaja.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TECNOLOGY FOR ENGLISH LEARNING

Writing Practice, Writing Improve